Gedung Balai Kota Banda Aceh

Balai Kota Banda Aceh

 Banda Aceh - Bentuk bangunan yang nan indah dan megah kini telah berjamur di kota Banda Aceh. Itulah sedikit hasil pandangan saya saat berada di kota Banda Aceh beberapa hari lalu. Setelah Kejadian Tsunami maka dimulailah masa rekonstruksi dan rehabilitasi seluruh wilayah Aceh, dan khususnya ibukota provinsi Aceh. Banda Aceh sebagai wajah ibukota memberikan warna baru dalam beragam pembangunannya dan benar-benar memberikan wajah baru bagi kemajuan Aceh.

Setelah terkenal dengan bangunan megah Museum Tsunami, maka banyak gedung-gedung memiliki arsitektur yang juga indah dan megah. Salah satu perhatian Camdigsaku adalah terhadap bangunan Balai Kota Banda Aceh yang memiliki wajah berbeda dengan gedung-gedung lainnya yang ada di Banda Aceh.

Gedung yang terletak dekat dengan Taman Sari dan Mesjid Raya Baiturrahman ini (Jl. Tgk. Abu Lam U No. 7, koordinat 5° 33′ 0.42″ N 95° 19′ 9.22″ E), yang baru dibangun atas bantuan BRR NAD-Nias pasca tsunami itu, diresmikan oleh Menpan EE Mangindaan pada Senin 6/12/2010.  Dengan kemegahan gedung ini serta bantuknya yang mencerminkan sebagai gedung yang berwajah layaknya kota Metropolitan menjadikan gedung ini membuat orang tercengang bila ketika datang ke Kota Banda Aceh.

Penggunaan Balai Kota ini sangat penting dalam menjalankan administratif utama bagi pemerintahan dan pusat pelayanan publik pemerintahan Kota Banda Aceh. Lantai I gedung ini digunakan untuk pelayanan publik, dengan adanya Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KPPTSP) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Lantai II untuk Sekretariat Daerah, Lantai III untuk  Walikota, Wakil Walikota dan Asisten, dan Lantai IV untuk Aula. Dalam kompleks Balaikota juga terdapat gedung Balaikota lama (kini digunakan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah/DPKAD dan sebagian Sekretariat Daerah), Gedung DPRK, Aula Lama,  Mushalla, Kantor Satpol PP dan WH, dan Sekretariat TP. PKK Kota.

Nah inilah beberapa foto hasil bidikan dari Camdigsaku  pada siang hari dan malam hari. Terimakasih

Gedung Balai Kota Banda Aceh dari depan






Suasana Gedung Balai kota pada malam hari















Komentar

  1. Bila Anda membutuhkan jasa inspeksi - instalasi - dan perawatan tempat-tempat yang sulit dijangkau. Seperti, gedung, menara komunikasi, cerobong, konstruksi jembatan, maupun rig lepas pantai. Dengan teknik Rope Acces bisa menjangkau kemanapun, terbukti aman, efisien dalam waktu dan biaya.
    Menerima seluruh wilayah di Indonesia.

    http://karashighreach.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. terima kasih telah berkunjung semoga usaha anda lancar.

    BalasHapus

Posting Komentar