Emh Pangsit

Pangsit, siapa sih yang tidak kenal makanan ini. Pangsit merupakan mie yang dimakan dengan kuah dan diberi sumur ayam juga dengan kerupuk. Rasanya yang menggugah selera membuat para penikmat makanan ini tidak bosan untuk mencoba makanan yang satu ini. Pangsit adalah makanan berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu . Setelah direbus sebentar, pangsit umumnya dihidangkan di dalam sup. Selain direbus, pangsit juga digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit (wonton ) termasuk salah satu jenis dim sum. Namun tahukah anda bahwa asal usul pangsit sendiri berasal dari Xiamen ( Fujian) dan sekitarnya, serta Taiwan , makanan ini disebut 扁食 ( biǎn shí) atau pian sit dalam bahasa Hokkien. Di Fujian, makanan serupa namun berukuran lebih kecil disebut 扁肉燕 (pinyin: biǎn ròu yàn). Isinya campuran daging babi dan ubi jalar.

Pangsit mie Kuah

Di sebagian besar negara-negara di dunia, nama umum untuk pangsit adalah wonton. Kata wonton (雲呑) berasal dari nama makanan ini dalam bahasa Kanton . Dalam bahasa Mandarin, makanan ini ditulis sebagai 餛飩 ( pinyin: húntun). Di Sichuan dan Chongqing , pangsit disebut 抄手 (chāo shǒu), dan dihidangkan di dalam sup pedas berbumbu la you dan andaliman. (sumber wikipedia).
Di Indonesia juga dikenal goreng kulit pangsit tanpa isi. Berbagai makanan Indonesia yang memakai pangsit, misalnya: pangsit kuah, pangsit goreng, pangsit goreng kuah, mi pangsit, dan cwie mie.

Di Aceh sendiri pangsit yang banyak dikenal dengan mie pangsit (mie ayaw). Mie pangsit yang disajikan yaitu dengan sup kuah kaldu ayam dan diberi sumur ayam agar lebih menggugah selera. Pada hidangan mi pangsit kuah, pangsit sering dihidangkan terpisah dalam mangkuk kecil. Namun, ada juga langsung dicampur dalam satu mangkuk yang sama.

Di Kota Lhokseumawe sendiri para penikmat mie pangsit ini sangat banyak dan sangat digemari. Lihat saja di beberapa lokasi di tengah kota yang menjual mie pangsit ini selalu diserbu oleh para pembeli termasuk Camdigsaku yang gemar dengan mie pangsit. Lokasi yang menjual mie pangsit yang sering diburu oleh para penikmatnya antara lain yaitu mie pangsit rahayu dan mie pangsit pak amin terletak di depan lapangan sudirman, mie pangsit jembatan cunda, mie pangsit bejo di jalan darussalam, mie pangsit koko di jalan perdagangan dan lain-lain.

Waduh, makin laper aja ne sambil nulis. Tapi apapun pangsitnya setiap orang memiliki cita rasa yang berbeda dan untuk itu ekspresi yang dihasilkan juga berbeda.
Nah itulah sekilas tentang pangsit, bila anda lapar silahkan untuk mencoba makanan satu ini...hahahaha

by Camdigsaku


Komentar